Mei 16, 2021

pascasarjana

universitas pgri semarang

Sasaran Dan Strategi Pencapain Pascasarjana

Sasaran Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang adalah terwujudnya program studi yang efektif dan efisien dalam:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi terhadap pengembangan dan aplikasi berbagai bidang ilmu kependidikan dalam pemecahan masalah,  pengembangan ide, berpikir analitis dan mandiri, sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian dan publikasi ilmiah dalam rangka pengembangan berbagai ilmu kependidikan serta jasa-jasa pelayanan kependidikan kepada masyarakat.

Strategi pencapaian sasaran program pascasarjana adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan.
    • Menyusun dan mengevaluasi secara periodik kurikulum berbagai program studi yang dilakukan setiap dua tahun sekali.
    • Melaksanakan pengembangan sumber daya dosen melalui pengiriman studi lanjut S3 (bila diperlukan) dan berbagai seminar, pelatihan, lokakarya, dan Iain- Iain.
    • Mengevaluasi proses pembelajaran secara periodik yang dilakukan setiap semester.
  2. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
    • Menyusun dan mengevaluasi secara periodik agenda penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (1 tahun sekali), sesuai perkembangan ilmu pengetahuan.
    • Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai pelatihan baik yang diselenggarakan secara internal maupun eksternal.
    • Meningkatkan intensitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan penulisan artikel/publikasi ilmiah.
    • Mengevaluasi kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara periodik (1 tahun sekali).
  3. Manajerial
    • Mengembangkan sistem layanan dan penjaminan mutu akademik;
    • Mengelola dan mengembangkan sumber daya secara efisien dan efektif;
    • Menata tata pamong dan tatakelola kelembagaan Program Pascasarjana;
    • Mengokohkan akuntabilitas dan meningkatkan citra Program Pascasarjana;
    • Mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran dan sistem manajemen administrasi akademik, keuangan, dan sarana dan pra sarana;