Mei 16, 2021

pascasarjana

universitas pgri semarang

Profil Pendidikan IPA

Identitas Program Studi

Program Studi  Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) berdiri berdasarkan Surat Keputusan KEMENRISTEKDIKTI Nomor 396/KPT/I/2019, tanggal 21 Mei 2019. Program Studi ini merupakan salah satu Program Magister yang ada di Pascasarjana Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) dengan alamat Jl. Sidodadi Timur Nomor 24 – Dr. Cipto, Karangtempel, Semarang Timur, Semarang, Jawa Tengah. Identitas Program Studi  Magister Pendidikan IPA UPGRIS selengkapnya sebagai berikut.

Program Studi (PS) : Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam   Program Magister Pendidikan IPA
Perguruan Tinggi : Universitas PGRI Semarang
Nomor SK Pendirian PS (*) : Keputusan KEMENRISTEKDIKTI Nomor 396/KPT/I/2019
Tanggal SK Pendirian PS : 20 Mei 2019
Pejabat Penandatangan : Ainun Na’im
Alamat PS : Jl. Sidodadi Timur Nomor 24 – Dr. Cipto, Karangtempel, Semarang Timur, Semarang, Jawa Tengah
No. Telepon PS : 024) 841475 EXT 311
No. Faksimili PS : 8316377
Homepage : Pascasarjana.upgris.ac.id
Email PS : s2ipa@upgris.ac.id

Pengantar

Kompetensi abad 21 menuntut sebuah negara untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal  agar  tetap dapat memiliki daya saing di pasar global. Kriteria yang harus dipenuhi oleh sumber daya manusia sesuai tuntutan kompetensi abad 21 adalah memiliki kecakapan hidup (life skill), mampu mengembangkan konten kompetensi abad 21, menguasai bidang keahlian yang dimiliki, memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi), serta liteasi ICT. Program Studi S2 IPA UPGRIS memiliki kedudukan strategis menghasilkan lulusan Magister dengan keahlian di bidang pendidikan IPA dengan nilai keunggulan pendidikan IPA yang berorientasi pada Education for Sustainable Development (ESD) atau pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.

 

Kurikulum

Struktur kurikulum Program Studi Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas PGRI Semarang terdiri dari 15 SKS kelompok mata kuliah wajib prodi , 9-15 SKS kelompok mata kuliah konsentrasi prodi, 3-9 SKS kelompok mata kuliah pilihan, 7 SKS kelompok mata kuliah Tesis. Perkuliahan dilakukan dengan blended learning berorientasi Educational for Sustainable Development (ESD) Dengan total struktur kurikulum 40 SKS tersebut diharapkan mahasiswa dapat lulus dalam 4 semester.

Program Studi Magister Pendidikan IPA memberikan kesempatan yang luas kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri sesuai dengan latar belakang pendidikan maupun profesi dalam rangka memperoleh gelar magister pendidikan IPA dengan konsentrasi-konsentrasi berikut:

1.   Konsentrasi PENDIDIKAN FISIKA

2.   Konsentrasi PENDIDIKAN BIOLOGI

3.   Konsentrasi PENDIDIKAN KIMIA

4.   Konsentrasi PENDIDIKAN IPA