Juni 3, 2021

pascasarjana

universitas pgri semarang

Webinar Magister Pendidikan Dasar Series#2

Webinar Magister Pendidikan Dasar Series#2: Keselarasan Teaching-Learning dan Parenting sebagai Ekosistem Baru Pembelajaran Ramah Anak.
Membentuk anak menjadi pribadi yang unggul secara utuh, yaitu unggul dalam pengetahuan, ketrampilan dan unggul dalam sikap, bukan saja menjadi tanggungjawab guru tetapi juga terdapat peran besar orang tua di dalamnya. Untuk itu perlu adanya harmonisasi peran Guru-Orang tua dalam pendidikan.” Cuplikan key-note speak yang disampaikan Direktur Pascasarjana Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Dr. Ngasbun Egar, M. Pd, menjadi kata kunci dalam pembukaan webinar pada hari Kamis, 16 Juli 2020. Webinar series 2 ini merupakan lanjutan dari webinar series yang diselenggarakan oleh Magister Pendidikan Dasar UPGRIS bekerja sama dengan Pusat KPPA-LPPM UPGRIS, Pusat BK dan Layanan Psikologi-LPP UPGRIS, dan Fakultas Ilmu Pendidikan UPGRIS. Bertindak sebagai moderator, Dr. Sumarno, M. Pd berhasil memandu diskusi panel dengan nara sumber: 1) Nur Hasanah, S. Pdi (Yayasan AMURT Indonesia) ; 2) Desi Maula, M. Si (Pusat BK & Layanan Psikologi UPGRIS); 3) Dr. Anita Chandra, M. Pd (Ka. PG PAUD UPGRIS) ; dan 4) Dr. Arri Handayani, S. Psi., M. Si (Peneliti Pusat Kajian Kependudukan, Perempuan & Perlindungan Anak UPGRIS). Mengupas lebih dalam apa yang disampaikan oleh Keynote Speaker, keempat narasumber secara bergantian membahas tentang pentingnya sinergisitas antara orang tua, guru dan komunitas dalam memahami peran masing-masing dalam mengawal tumbuh kembang anak di masa pandemi ini dengan usaha mewujudkan ekosistem baru pembelajaran yang aman dan nyaman sehingga layak disebut ramah anak usia dini. Lebih lanjut, melalui webinar ini para narasumber mencoba memberikan gambaran bagaimana kewajiban guru memilihkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan membahagiakan, pendampingan orang tua dalam mengawal dan melanjutkan apa yang telah distimuluskan oleh Guru serta dukungan komunitas untuk menciptakan lingkungan yang peduli meskipun dalam pembatasan kegiatan bersosial. Webinar menarik perhatian 556 peserta yang berasal dari seluruh propinsi yang ada di Indonesia, bahkan beberapa peserta berasal dari negara tetangga Malaysia. Adapun profil peserta webinar didominasi oleh Guru sebanyak 56% , mahasiswa S1 dan S2 sebanyak 26%, dosen 11% dan sisanya praktisi pendidikan, asesor dan supervisor.