Home
Pages
Tujuan

Tujuan


Menghasilkan lulusan yang memiliki empat kompetensi sebagaimana dipersyaratkan dalam Undang-undang Pendidikan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yaitu kompetensi profesional (kompetensi akademik), pedagogik, sosial, dan kepribadian, dengan perincian sebagai berikut.

  1. Menguasai materi bidang studi, yaitu Manajemen Pendidikan konsentrasi Kepemimpinan Pendidikan, Pendidikan Bahasa konsentrasi Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Inggris, serta mampu mengembangkannya sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan teknologi pendidikan dan keguruan serta seni sebagai manifestasi pengembangan profesi pendidik.
  2. Menguasai bidang keilmuan kebahasaan dan ke-MIPA-an dan cara mengelola serta memimpin pendidikan intra dan ekstra sekolah serta mengembangkannya sebagai upaya mengatasi permasalahan pendidikan dan permasalahan peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar.
  3. Menguasai dan menerapkan keilmuan kebahasaan dan ke-MIPA-an, serta pengelolaan dan kepemimpinan dalam pendidikan secara demokratis sebagai manifestasi pendidikan yang memerdekakan (pendidikan libertarian), sebagai bentuk manajemen berbasis sekolah (MBS) dan manajemen berbasis masyarakat (MBM).
  4. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang dapat menjadi teladan bagi teman sejawat/seprofesi dan para peserta didik, baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  5. Mempunyai kemampuan penguasaan keilmuan dan manajerial dalam bidang pendidikan sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pengelolaan pendidikan yang bermuara pada peningkatan kualitas hasil pendidikan.
  6. Menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra yang  mampu melaksanakan perubahan-perubahan dan tata nilai masyarakat berlandaskan jati diri kebangsaan.
  7. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, karya akademik, dan temuan-temuan  dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya yang berguna bagi kemaslahatan manusia, dan kesejahteraan masyarakat.
  8. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan penelitian inovatif dalam bidang pendidikan  bahasa dan sastra sehingga memenuhi tuntutan global.
  9. Menghasilkan ilmuwan dan praktisi  pendidikan yang unggul dan berakar pada  sastra dan budaya baik tingkat dasar, menengah maupun pendidikan tinggi.
  10. Menghasilkan lulusan dengan kemampuan dan keahlian sebagai konsultan pendidikan bahasa, sastra, dan budaya yang unggul membangun jati diri kebangsaan.
  11. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan sebagai pusat riset pendidikan bahasa dan sastra guna menggali nilai-nilai luhur kearifan lokal.