Home
Pages
PS PBSI

PS PBSI


Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang (PS PBSI PPs UPGRIS) berdiri sejak 2014 dan memiliki program mencetak lulusan yang unggul, peduli, gigih, religius, berintegritas, dan sinergis.

 

VISI: Pada tahun 2025 PS PBSI PPs UPGRIS menjadi program studi jenjang S2 yang menghasilkan lulusan dengan kriteria unggul dalam hal riset, pendidikan dan pengajaran, serta sebagai pelayan masyarakat di bidang bahasa dan sastra Indonesia yang berjatidiri

MISI: mewujudkan visi PS PBSI PPs UPGRIS dengan melaksanakan hal hal berikut:

1      Menyelenggarakan pendidikan dan kegiatan akademik di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mampu memberikan kemampuan unggul dalam menghasilkan riset-riset yang dapat dipergunakan dalam melaksanakan program-program pembentuk perubahan-perubahan dan perilaku sesuai tata nilai masyarakat dan jatidiri kebangsaan yang kuat. Hal ini tercermin dalam mata kuliah (folklor, kajian wacana bahasa dan sastra, metode penelitian pendidikan, metode penelitian bahasa dan sastra), aktivitas akademik, pengarahan dan pembimbingan tesis, serta produk luaran hasil penelitian (tesis) yang dapat dipergunakan oleh masyarakat.

2      Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan akademik yang berlandaskan pada konsep riset untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui workshop dan seminar, melahirkan karya akademik melalui pelatihan penulisan ilmiah yang dipublikasikan, dan temuan dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya yang memiliki relevansi dengan kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat melalui pewajiban adanya produk luaran pada setiap proses penuntasan tesis.

3      Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan penelitian di bidang bahasa dan sastra Indonesia yang bersifat aktual dan kredibel dengan ditandai adanya keterlibatan pakar (dosen) dan mahasiswa serta komponen masyarakat secara terprogram dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara luas.

4      Menyelenggarakan dan mengembangkan program kegiatan keilmuan yang bertujuan meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa sebagai ilmuwan sekaligus praktisi pendidikan melalui kegiatan diskusi ilmiah pakar dan ahli.

5      Menyelenggarakan dan mengembangkan program kegiatan secara rutin dan berkelanjutan yang mampu membentuk karakter unggul dan berjati diri kebangsaan melalui bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam bentuk pembentukan komunitas penggiat bahasa, sastra dan seni.

6      Menyelenggarakan dan mengembangkan kerja sama dalam bidang riset pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang professional dan memiliki kredibilitas tinggi dalam bentuk mitra dan kerja sama dengan lembaga pendidikan dan lembaga yang berkompeten (lembaga bahasa).

7      Menyelenggarakan dan mengembangkan program kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan kualitas sumber daya manusia secara meluas dalam cakupan pendidikan bahasa, sastra dan budaya yang memadai dan unggul melalui kegiatan pelatihan yang bersifat kemitraan.

 

TENAGA PENGAJAR di S2 PBSI UPGRIS

- Dr. Sudarhto, M.A.

- Dr. Muhdi, S.H., M.Hum.

- Prof. Dr. Sunandar, M.Pd.

- Prof. Dr. Suwandi, M.Pd.

- Dr. Sri Suciati, M.Hum.

- Dr. Ngasbun Egar, M.Pd.

- Dr. Harjito, M.Hum.

- Dr. Nazla Maharani Umaya, M.Hum.

- Dr. Asropah, M.Pd,

- Dr. Sunarya, M.Hum.

- Dr. Hartini, M.Hum.

- Dr. Mulyoto, M.Hum.